ANALISIS
PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU SIMPATI
Tema: Keputusan Pembelian Terhadap Kartu
Operator Seluler
Latar Belakang:
Perkembangan teknologi yang pesat di abad 21
berdampak pada semua bidang kehidupan termasuk bidang komunikasi. Selain
kecanggihan dan kelengkapan fitur dari merek ponsel sendiri, peranan perusahaan
penyedia jasa operator sebagai penghubung antar jaringan juga tidak kalah
pentingnya. Tanpa adanya perusahaan penyedia jasa operator, maka telepon seluler
tidak akan berfungsi karena keduanya merupakan barang yang tidak dapat
dipisahkan.
Masalah:
1. Bagaimana karakteristik mahasiswa S1 sebagai
konsumen kartu simPATI di Institut Pertanian Bogor ?
2. Bagaimana proses keputusan pembelian yang
dilakukan oleh mahasiswa S1 sebagai konsumen kartu simPATI di Institut
Pertanian Bogor ?
3. Atribut-atribut dominan apakah yang mempengaruhi
keputusan pembelian mahasiswa S1 sebagai konsumen kartu simPATI di Institut
Pertanian Bogor ?
4. Bagaimana sikap dan perilaku mahasiswa S1
Institut Pertanian Bogor sebagai konsumen kartu simPATI ?
Tujuan:
(1) Mengidentifikasi karakteristik mahasiswa S1
sebagai konsumen kartu simPATI di IPB
(2) Menganalisis proses keputusan pembelian yang
dilakukan oleh mahasiswa S1 sebagai konsumen kartu simPATI di IPB
(3) Mengidentifikasi atribut dominan yang dimiliki
kartu simPATI
(4) Menganalisis sikap dan perilaku mahasiswa
S1 sebagai konsumen kartu simPATI di IPB
Metodologi Penelitian:
1. Data dan Sumber Data
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode
primer (observasi dan survey) dan menggunakan metode sekunder ( melalui studi
kepustakaan)
2. Sample dan Populasi
Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa S1 IPB
meliputi delapan fakultas dan Tingkat Persiapan Bersama (TPB). Jumlah contoh
yang diambil sebanyak 100 responden (pembulatan ke atas). Penarikan contoh
dilakukan dengan metode nonprobability digunakan untuk mengidentifikasi
karakteristik konsumen dan menganalisis proses keputusan pembelian kartu
simPATI.
3. Metode Analisis
Metode yang digunakan menggunakan uji instrument,
analisis tabulasi deskriptif digunakan untuk mengidentifikasi karakteristik
konsumen dan menganalisis proses keputusan pembelian kartu simPATI, Metode Importance-Performance
Analysis digunakan untuk menetapkan tingkat kepentingan dan kepuasan
atribut, Analisis komponen utama digunakan untuk mengetahui faktor yang paling
mempengaruhi responden dalam mengambil keputusan, Analisis multiatribut
Fishbein dalam penelitian ini digunakan untuk menganalisis sikap dan perilaku
konsumen kartu simPATI.
Hasil Analisis:
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa sinyal
dan jaringan dianggap sebagai atribut paling dominan karena mempunyai nilai
tingkat kepentingan dan kepuasan tertinggi.
Rekomendasi:
Diharapkan penelitian selanjutnya perlu melakukan
analisis terhadap kartu seluler GSM lainnya selain kartu simPATI khususnya yang
berbasis CDMA karena bisnis seluler CDMA mulai berkembang di Indonesia.
Sumber: http://nonafanny60.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar